Selasa, 18 September 2012

Rangkuman Materi kuliah PTI

Sejarah Komputer

Saya baru tau kalo komputer pertama adalah "Manusia" itu sendiri (pencipta komputer),hal itu saya tau saat saya mengikuti mata kuliah PTI(Pengantar Teknologi) & nama komputer sendiri menggambarkan tentang pekerjaan (wanita) yang pekerjaannya menghitung.

Hehehehe..emang komputer dulu kayak gambar di atas ya  .....????



Komputer pada masa dulu tuh adalah sebagai alat bantu hitung sob,bukan kayak skarang yang multifungsi & canggih.Contoh jenisnya:

-Yang pertama yaitu Pascaline(Blaise Pascal) pada tahun 1642 yang dapat meng hitung hanya 8 digit ,lalu ada Difference & Analytical Engine pada tahun 1830 yang di temuin sama Charles Babbage,lalu ada kartu porforasi yang berfungsi sebagai alat pembantu itung sensus di Amrik sob.

-Lalu ada juga Analytical Engine yang merupakan primadona sejarah komputer(Pada masa itu sihh..hehehe)yang merupakan  mesin kalkulator otomatis pertama yang mahir menghitung kalkulus& membuat tabel matematika.Lalu ada lagi nih Mesin mekanik yang ahli itung-itungan yaitu Herman Hollerith tugas pertama mesin ini dulu adalah menghitung cepat sensus di Amerika menerapkan prinsip kartu performasi ,kartu ini juga bisa di jadi’in kartu media penyimpanan.





Skarang kita bahas sejarah perkembangan komputer sob.

Generasi-generasi komputer

1St Generatio (generasi pertama)
vacum tubeKomputer generasi pertama menggunakan tabung hampa udara (Vacum tube)sob sebagai penguat signal,tabung ini ciri khas komputer generasi pertama.Bahan baku tabung tadi tuh kaca sob,jadi banyak kelemahannya kayak mudah pecah & panas.
Salah satu komputer yang memakai vacum tube yaitu komputer ENIAC komputer ini memiliki 18800 tabung hampa udara atau vacum tube,yang parahnya lagi sob bobotnya mencapai.......30 ton.kebayang gak lo ??!!!??
Membutuhkan daya174 kilowats, panjang 30 M dan lebar skitar2,4 M Gilaa !!!



2St Generation
Komputer generasi ke 2 udah beralih dari tabung hampa udara ke transistor.Bahan baku transistor sendiri terdiri dari tiga lapis basic,collector,emmiter.Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor,fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal(komponen padat),kelebihannya yaitu tidak mudah pecah dan tidak gampang panas tahan banting lah bro,dan tidak membuat komputer generasi ke2 berat kayak komputer generasi ke1 dan lebih murah.
Pada tahun 1960 IMB mengenalkan komputer komersial  yang memanfaatkan  transistor yaitu type IMB 7090 buatan Amerika.komputer generasi ke2 ini bisa menyelesaikan masalah ilmiah atau komersial dengan kecepatan & kemampuan yang di milikinya komputer generasi ke2 ini banyak di minati sama orang-orang pada masa itu.


Transistor

Yang kayak gini ini yang namany transistor brai

3St Generation

IC ChipsKomputer generasi ke tiga ini nggabungin ribuan transistor dalam satu kumpulan kecil hanya beberapa milimeter yang di sebut Integrated Circuit atau IC-Chip yang mengkondisikan signal “on” dan “off” yang di terjemahkan dalam bentuk angka yaitu Nol dan satu dalam sistem bilangan biner. Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.

Komputer tipe IBM- S360 merupakan  komputer pertama yang gunain IC yaitu pada tahun 1964,komputer tipe ini memiliki 4kb memory dab 8 bit untuk memori core,busettt,bisa buat ap tuh klo sekarang ????




4st Generation

Komputer generasi ke empat sudah memakai Microprocessor.Microprocessor  merupakn pemadatan IC ke dalam sebuah chips/chipset.

Microprocessor pertama di produksi pada tahun 1971 oleh Intel corp.



Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer yang masih menggunakan RAM sebesar 64 Kb aja sob.






Lalu di tahun 80-an muncul  Komputer Apple II-e bro yang spesifikasinya ndak jauh beda sama Apple I Computer.











Komputer generasi selanjutnya



Tentang Software dan hardware
Tentang hardware
Komputer adalah alat yang di gunakan untuk memproses data yang di perintahkan oleh brainware.
Komputer sendiri di bagi oleh 3 komponen pembangunnya :

CPU (unit pemprosesan)
Berikut adalah bagian-bagiannya :
1.     MotherBoard,motherboard adalah tempat semua piranti di dalam komputer di tancapkan seperti Ram,proseccor,hardisk,dll.Motherboard mempunyai setingan yaitu bios.
2.     Processor, adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.Processor mempunyai tipe/seri seperti : pentium,dualcore,core2duo,core i3,core i5,core i5 untuk jenis intel,AMD Black edition dll.
3.     RAM(Random Acces Memory), adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.Jenis-jenis RAM: EDORAM, SDRAM, RDRAM, NV-RAM.
4.     Hardisk, merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
5.     VGA (Video Graphics Array/Adapter) merupakan suatu alat pada komputer yang digunakan untuk menampilkan gambar atau grafis ke monitor,VGA juga merupakan penghubung antara prosesor dengan monitor.


6.     CD-RoM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps. SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps.

7.     Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

8.     LAN card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer di perlukan setting-tertentu.
InPut Device : unit yang bertugas memasukkan perintah dari brainware untuk di proses oleh unit pemrosesan.
1.     Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.



2.     Mouse berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping.


3.     Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
4.     SCANNER, Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).
Output Device: dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut. Tulisan, Image, Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
1.     Monitor adalah media output untuk menampilkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia. Monitor merupakan interface terpenting yang menghubungkan manusia dan PC.berikut adalah jenis-jenis monitor:
CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.


2.     Printer adalah perangkat keras yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Resolusi pada printer disebut dpi (dot per inch).


3.     Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara.  Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.




Rangkuman PTI tentang software 

(lougies eric wynalda)


Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Sistem Oprasi.
Sistem oprasi adalah software yang digunakan untuk mengoprasika suatu komputer.bisa di simpulkan SO/OS ini adalah nyawa dari komputer,tanpa Os komputer tidak dapat menyala.
Jenis OS windows :
      Windows 1.0
      Windows 2.x
      Windows 3.0
      Windows 95 :
Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking. Windows 95 merupakan windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi. Rilis 24 Agustus 1995.

      Windows 98 :
Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 yang pertama merupakan windows yang sangat buruk. Lemot, sering crash dan berbagai masalah lainnya. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat, dan tidak lagi crash ( malah merupakan windows paling stabil yang pernah ada ) dengan rilis nya Windows 98SE pada tahun1999
·        Windows ME
Mengisi kekosongan antara dirilisnya windows 98SE dan XP, di lahirkanlah windows ME. Konsep konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME. 1 diantara konsep yang kemudian populer di suatu hari ada “plug and play”. Sayangnya GUI yang buruk dan terlalu geeky membuat nya tidak populer.
·        Windows 2000
Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0″. Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar  workstation dan juga pangsa pasar server.
·        Windows XP
 Oktober 2001, microsoft merilis Windows XP, versi windows yang paling banyak di pakai di seluruh dunia sampai sekarang, banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Review score yang baik membuat windows XP merajai pasar PC sekarang ini. Windows XP yang pertama kali memecah bagian penjualan windows menjadi Home dan Professional. Hanya membedakan beberapa fitur yang mungkin tidak digunakan oleh pengguna rumahan dibanding pengguna professional.Jenis-jenis windows XP adalah Xp sp 1,xp sp 2,xp sp3.
·        Windows Vista
Merupakan prodak gagal dari windows yg di luncurkan setelah XP
      Windows 7
                 Versi ini merupakan penyempurna windows vista dikenal sebagai Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna.Versi ini di rilis pada 22 Juli 2009 Windows ini memiliki kennel NT versi 6.2 SP2 dari Windows Server 2008. Windows 7 memiliki keamanan dan fitur yang baru. Windows 7 adalah jenis dari Windows Server 2008 SP2. Windows ini dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009. Fitur yang ada di Windows 7 60% sama dengan Windows Vista. Beberapa fiturnya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang nama berganti menjadi Gadget dan Gadget bebas ditaruh kemana-mana (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spektifikasi Windows 7 lebih ringan dari pada Windows Vista. Harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista. Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga terdiri 6 edisi yaitu:
     Windows 7 Starter
     Windows 7 Home Basic
     Windows 7 Home Premium
     Windows 7 Professional
     Windows 7 Ultimate
   Windows 7 Enterprise
·     Windows 8
Windows paling baru yang di luncurkan pada 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.


           
Oprating system/sistem oprasi lain selain windows adalah Linux
, Linux diluncurkan pertama kali dengan panjang source code 10.239 lines versi 0.01. Perkembangan berikutnya adalah versi 0.95 yang dianggap rilis paling penting, karena mampu menjalankan X Windows System. Pada tanggal 9 Mei 1996, TUX diresmikan sebagai maskot Linux yang dibuat oleh Larry Ewing sesuai dengan pernyataan “Linus likes penguins”. Nama TUX sendiri diambil dari Trovalds Unix untuk menghormati Linus Trovalds sebagai pengembang Linux.
fitur  Linux  diantaranya :
        I.            Multi tasking dan dukungan 32 bit; mampu menjalankan beberapa perintah secara bersamaan, dan dengan memanfaatkan model terlindung (protected mode) dari Intel 80836 keatas, Linux merupakan sistem operasi 32 bit.
      II.            Multi user dan Multi session; Linux dapat melayani beberapa user yang login secara bersamaan. Sistem filenya sendiri mempunyai keamanan yang ketat, dan dapat dimodifikasi secara optimal untuk akses file kepada user atau group tertentu saja. – Sebagian besar Linux ditulis dalam bahasa C
    III.            Dukungan Java; jika dikompilasi pada level kernel, Linux dapat menjalankan Java Applet sebagai aplikasi.
    IV.            Virtual Memory. Linux menggunakan sebagian dari hardisk Anda dan memperlakukannya sebagai memory, sehingga meningkatkan memory Anda yang sebenarnya.
      V.            Linux menawarkan sistem file yang hierarkis, dengan beberapa folder utama yang sudah dibakukan (File System Standard/FSSTND)
    VI.            Grafis antar muka pemakai (Graphical User Interface/GUI) yang dipergunakan Linux adalah sistem X Window atau X dari MIT.

Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian.
Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).

Software Untilitis
Software yang di gunakan untuk memperbaiki sytem-sistem yang kacau dalam windows,menghapus registry yang tidak penting,membuang file history yang sudah tidak terpakai.
1.     Tune up utilitie berfungsi untuk menjaga kstabilan kinerja pc, mampu menaikan kecepatan kinerja pc.
2.     Advance mampu  memberikan  keringanan bagi pc,  bisa  melakukan  penghapusan  code   error
3.     One click  adalah  sistem  yang  mampu menghapus  history dengan cepat, juga mampu   mengatasi  kelambatan pc
4.     Game booster adalah salah satu sistem yang mampu meningkatkan kinerja game.




Dampak sosial media


by: lougie eric w / 1234010029/tf-a


Internet,siapa yang tak kenal dengan internet pada era saat ini,bahkan internet menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang.
Indonesia adalah negara ke 5 sebagai pengguna internet terbanyak di asia.Pengguna internet di Indonesia dari tahun 1998 sampai saat ini tahun 2012 mengalami peningkatan pemgguna yang segnifikan.Tapi ironisya pekanya masyarakat Indonesia terhadap perkembangan teknologi tidak di sertai moral yang baik,sehingga banyak pengguna internet di Indonesia yang tidak dapat menggunakan internet secara maksimal,bahkan sia-sia.
Masyarakat Indonesia rata-rata memakai Internet hanya untuk kegiatan yang tak berguna,hanya untuk tren hidup semata,bahkan ada yang menjurus ke hal negativ.
Contohnya
1.       Sosial media yang tujuan utamanya adalah media/wahana untuk berdiskusi dengan orang lain,berkomunikasi dengan keluarga yang jauh tempat tinggalnya dengan kita,menimba ilmu untuk pengembangan diri.
TETAPI apa yang di lakukan sebagian besar orang Indonesia adalah hal yang sia-sia seperti : memposting ribuan status galau,Chating/ngerumpi di Internet,bahkan ada yang memfitnah orang lain melalui sosial media,sampai ada yang bertengkar hanya gara-gara adu status di facebook.Mirisnya lagi sekarang banyak sekali penyorengan nama baik melalui sosial media,bahkan penculikan yang berawal dari sosial media.
Kalau sudah begitu siapa  yang patut di salahkan,sosial media kah ?
2.       Search Engine.adalah mesin pencari data yang lengkap,dimana kita tinggal mengetikkan apa yang kita ingin maka langsung keluar beberapa link yang berkaitan dengan hal yang kita cari.Kegunaan search engine ini tidak kalah hebat oleh sosial media,kita dapat menimba ilmu,mengakselerasi diri untuk lebih maju. Contoh :
-          google,di dalam google kita bisa menemukan data apa saja yang kita ketikkan,seperti gambar,file,mp3 dll.
-          Google translate,menyediakan fitur bagi kita untuk menerjemahkan bahasa asing tanpa harus susah-susah mencari di kamus yang tidak efisien waktu.
-          Wikipedia,didalam wikipedia terdapat banyak sekali artikel yang bermanfaat bagi kita,kita bisa menimba banyak ilmu disini tanpa harus mencari di buku yang sangat rumit.
-          Wikimapia,disini kita bisa melihat peta manapun di seluruh belahan bumi,seperti negara,profinsi,kota,bahkan letak jalan,dan rumah seseorang.
Tapi ironisnya banyak sekali pengguna internet di Indonesia tidak di sertai peningkatan SDM manusianya,karena banyak orang di Indonesia menyalah gunakan internet.

Google contohnya : digunakan untuk mendownload film-film porno,membuka situs porno,bermain game on-line,berjudi di internet dll.
Kalau saja kita dapat memanfaatkan internet dengan benar makan gerak perkembangan pengguna internet dan kenaikan SDM manusia Indonesia akan bergerak sama.

Berikut ada beberapa kiat-kiat internet sehat :
1.       Jangan percaya dengan siapapun yang baru kenal di Internet
2.       Pilih teman online dengan cermat, jangan sembarangan “add friend
3.       Data pribadi jangan disebar dan diumbar, berikan secukupnya saja
4.       Password harus diingat dan dijaga, jangan sampai siapapun tahu
5.       Jika ingin kopdar dengan teman baru, beritahu dan ajak orangtua / kakak / teman untuk mendampingi
6.       Pikir ulang sebelum posting, karena posting hal negatif akan merugikan diri sendiri, keluarga atau orang lain
7.       Antivirus selalu di-update berkala
8.       Hindari dan laporkan aksi cyberbully!


Dan ada beberapa hal agar On line tetap aman :

1.       Perhatikan rambu-rambu hukum,jangan terlalu bebas menggunakan internet karna negara kita adalah negara hukum.
2.       Kebiasaan adat masing-masing daerah,kita boleh saja bebas ber-ekspresi di internet tapi kita juga harus mengjormati adat yang kita pakai di masing-masing daerah,karene indonesia mempunyai bermacam-macam budaya dan norma yang di setiap daerah adalah berbeda.
3.       Hormati institusi penegak hukum dan etika sesama.
4.       Saling membantu dan mengingatkan sesama.

Berikut adalah beberapa Etika on-line :
1.       Jangan suka mengejar sensai,jika kita salah melangkah bencana yang akan datang menghampiri kita.
2.       Fokus dalam masalah/tujuan kita berinternet dan jangan ada unsur sara.
3.       Jika ingin menuduh orang di internet sertakan data-data yang lengkap,dan sebaikanya di bicarakan secara tatap muka bukan melalui dunia maya
Jika kita bisa memanfaatkan internet dengan baik maka potensi pada diri kita akan melesat dan akan membuat SDM kita menjadi naik dan siap untuk menyongsong program pemerintah di tahun 2015 yaitu rakyat Indonesia 50% mengerti dan paham TIK.
Selamat bagi anda yang sudah menggunakan internet dengan benar,dan cepat rubah kebiasaan/sifat anda dalam ber-internet bagi mereka yang tidak dapat menggunakan internet dengan baik.






Lougies Eric Wynalda/TF-a

              





Kontak :Eric UPN Veteran Jatim TF-A

2 komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text