Sosial Media


Sosial Media.

 

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu :
1.       Social Networks, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi ( Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dll).
2.       Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi (google talk, yahoo! M, skype, phorum, dll).
3.       Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm, dll).
4.       Publish, (wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg, dll).
5.       Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, cafe.com, dll).
6.       MMO (kartrider, warcraft, neopets, conan, dll).
7.       Virtual worlds (habbo, imvu, starday, dll).
8.        Livecast (y! Live, blog tv, justin tv, listream tv, livecastr, dll).
9.        Livestream (socializr, froendsfreed, socialthings!, dll).
10.    Micro blog (twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek, dll).


Sosial media meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan ttidak peduli siang atau pun malam.
Apabila kita dapat memnfaatkan media sosial, banyak sekali manfaat yang kita dapat, sebagai media pemasaran, dagang, mencari koneksi, memperluas pertemanan, dll. Tapi apabila kita yang dimanfaatkan oleh Media sosial baik secara langsung ataupun tidak langsung, tidak sedikit pula kerugian yang akan di dapat seperti kecanduan, sulit bergaul di dunia nyata, dll).


Respons terhadap Film dampak positif Internet(Sosial Media)


Selain membawa dampak buruk internet juga membawa dampak positif bagi kita.
contohnya,kita dapat menarik simpati orang banyak untuk peduli terhadap bencana hanya dengan sosial media.Kita juga bisa menarik simpati pemerintah untuk membebaskan dari penjara  seseorang yang memang tidak bersalah,kita juga bisa berbisnis & mengembangkan diri melalui sosial media atau melalui internet.Contohnya  :

Sosok Harry seorang tukang becak dari jogjakarta atau akrab di panggil harry van yogya.




Berikut kisah singkatnya :

Kisah Harry dimulai pada tahun 1998. Ia kerap mengunjungi warnet sehabis menarik becak. Saking ketagihan, ia memutuskan terjun di dunia blogging dan membuat e mail,dan pada akhrirnya pada tahun 2000 ada turis dari Amerika datang ke Indonesia hanya untuk menemui sesosok seorang harry,ia tidak percaya bahwa dia hanyalah tukang becak.




Dari hobby nya dia pun dapat mencari penumpang becak dari seluruh dunia yang ingin berkeliling jogja dengan mudah. 
Lalu dia pun memutuskan untuk menulis bukunya sendiri. Harry menulis sebuah buku yang berkisah tentang pengalaman hidupnya dengan judul The Becak Way (best seller versi Gramedia). Bahkan buku ini diberi kata pengantar oleh Wali Kota Yogyakarta (saat itu) Herry Zudianto.


Kisah pencari relawan bencana  dari internet :



Ada lagi kisah seseorang yang peduli terhadap suatu bencana yang membuat sebuah blog dan menyebarkannya di facebook untuk mengundang atensi/simpati masyarakat untuk membantu,dan ternyata cara tersebut sukses dan dapat membantu para korban bencana pada saat itu.Tidak hanya itu dia juga mengundang masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya untuk korban bencana yang juga di lakukan di internet.


Kisah singkat di atas menunjukan bahwa sosial media ataupun internet jika kita memang memanfaatkannya dengan benar maka akan membawa dampak positif bagi kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text